17 Maret 2008

Hafalan Shalat Delisa


Assalamualaikum,,

2 hari yang lalu pas za jemput Teteh,, ternyata teteh lagi nangis,, dengan sejuta gaya za sok-sokAn nanya,, "Knapa teh?? ada yang gangguin?? Kalo anaknya belagu,, sini deh iza yang hadepin!!" (Hahahaha...).. Ternyata eh ternyata,, si teteh lagi baca Novel Hafalan Shalat Delisa.. Katanya,, za wajib baca!! Pencerahan sekaligus cermin sejauh mana kesadaran kita dalam Ibadah pada Allah..

Ternyata bener banget,, za kesentil ama novel ini, padahal za baru baca halaman pertama.. Ngerasa males bangun buat shalat,, malah jarang bgt baca doa bangun tidur,, hahahaha.. Pokoknya setelah baca novel ini za jadi inget gimana dulu waktu kecil za belajar bacaan shalat,, ngerasa kalah ama anak kecil kalo lagi dikasi cobaan ama Yang Diatas,, ngerasa belom bisa ikhlas dalam segala hal,, malu lah,, tapi novel ini bener-bener jadi pencerahan buat siapa aja yang baca..

Ceritanya berlatar seputar Tragedi Tsunami di Aceh Desember 2005 silam. Menceritakan tentang Keluarga Bahagia dengan 4 anak perempuan (Cut Fatimah, si kembar Zahra dan Aisyah, serta si bungsu Delisa) yang kehidupannya penuh dengan nuansa Islami.. Delisa punya tugas dari sang Guru untuk menyelesaikan Hafalan Shalatnya. Ummi Delisa punya kebiasaan memberikan kalung emas bagi putrinya apabila berhasil menghafal bacaan Shalat,, dan untuk itulah Delisa selalu bersemangat belajar,, walaupun bacaan Shalatnya serik kebolak-balik.. Saat ujian didepan sang Guru,, si manis Delisa mencoba khusyuk sesuai dengan ajaran Guru ngajinya, sampai-sampai saat Tragedi nahas itu menenggelamkan Lhok Nga,, Delisa tetep khusyuk membaca bacaan Shalat sampai akhirnya ia tak sadarkan diri...

Dari Novel ini ada hikmah yg bs za ambil:
Kita bs belajar semua arti hidup dari siapapun,, termasuk si Gadis kecil Delisa yang ngajarin kita arti ikhlas menerima semua yang Allah kasih.. Sabar dan Ikhlas itu kuncinya..
Za jadi inget nasehat Mpah (panggilan za untuk Ayah tercinta),, "Sesungguhnya Cobaan Datang Untuk Meningkatkan Derajat Kita Di Mata Allah".

Mpah,, Mah,, Pik,, Pim,, iza Cinta kalian semua karena Allah..

Tidak ada komentar: